header-int

INAIS MoU dengan CECF-USA

Sabtu, 02 Nov 2019, 15:05:52 WIB - 26 View
Share
INAIS MoU dengan CECF-USA

INAIS MoU dengan CECF-USA

 

Bogor, - Institut Agama Islam Sahid (INAIS) membangun kerjasama di bidang pendidikan dan akademik dengan Civilizations Exchange and Cooperation Foundation (CECF) U.S.A.  Kemitraan ini meluputi program pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, penelitian, penyelenggaraan pertemuan akademis dan konferensi, serta program beasiswa mahasiswa dan dosen.

 

Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara  CECF-USA dan INAIS dilakukan President CECF Prof. Dr.  Imam Mohamad Bashar Arafat bersama Rektor INAIS Dr. H. M. Imdadun Rahmat, M.Si di Aula TSJ Gunung Menyan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Kamis (31/10/2019).

 

Imam Mohamad Basar Arafat mengatakan penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan upaya memanfaatkan peluang dan potensi yang dimiliki CECF maupun INAIS. Menurutnya, INAIS adalah lembaga pendidikan tinggi yang memiliki sumber daya unggul serta mempunyai kesamaan visi-misi dengan CECF tentang bagaimana cara menyebarkan dakwah Islam rahmatan lil alamin di seluruh dunia secara santun dan saling menghargai antar sesama.

 

Sebagai tindak lanjut MoU ini akan ada pertukaran budaya, belajar bahasa Inggris, kegiatan dialog antar agama, orientasi keagamaan, seminar akademis, serta pelatihan mahasiswa dan santri. Dengan difasilitasi CECF mahasiswa dan santri bisa belajar dan mencari pengalaman baru di luar negeri.

 

Program global CECF menempatkan penekanan khusus pada pemberdayaan kaum muda dan perempuan, membangun komunitas melalui pelatihan imam-imam dan ulama tentang diplomasi public dan global, pertukaran antar agama dan pendidikan, serta pengembangan kompetensi bahasa dan budaya.

"Sejumlah imam berkualifikasi, rohaniawan, akademisi dan tokoh masyarakat terlibat dalam program ini secara nasional dan internasional" ujar Imam Mohamad Basar Arafat.

 

INAIS merespon positif kerjasama ini.

 “CECF lembaga nirlaba yang sangat kompeten. Berdiri sejak tahun 2000,  lembaga yang terdaftar di negara bagian Maryland-USA ini didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap multi-faceted dan manfaat sangat besar yang ditawarkan dari keragaman budaya dan peradaban. Jadi INAIS dengan senang hati bisa bekerjasama”, ucap Rektor INAIS.

 

Imdadun Rahmat juga menyampaikan bahawa kerjasama tersebut merupakan kesempatan yang sangat baik dan harus ditindaklanjuti dengan adanya program-program yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

 

Turut hadir pada penandatanganan MoU itu Dewan Pembina Yayasan Wakaf Sahid Husnul Khotimah Hj. Sri Bimastuti Handayani Sukamdani dan Hj.  Exacty Sukamdani. Para pejabat kampus juga hadir antara lain Direktur Pasca Sarjana Dr.  Abdurrahman Misno, para dekan,  Titin Yusnita M.Si,  Rully Trihantana M. Si,  Acep Nugraha M.Pd, dan Kabiro Akademik Joko Trimulyo M.H. serta beberapa dosen dan staf.


Video Terkait :

INAIS INSTITUT AGAMA ISLAM SAHID BOGOR | Alamat: Jl. Kapten Dasuki Bakri, Cibening, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810 Telepon: (0251) 8643922.
© 2019 INAIS | Institut Agama Islam Sahid Follow INAIS : Facebook Twitter Linked Youtube