header-int

KAJIAN ISLAM MODERN Volume VII, Nomor 14 Tahun 2019, ISSN 2337-8298

Share
Posted : 19 Okt 2019
Nama|Jurnal:
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar
Abstraksi:

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  sejauh  mana pengaruh  model  pembelajaran  berbasis  proyek  dan  model  inkuiri terbimbing  terhadap  kemampuan  literasi  sains  peserta  didik berdasarkan  kemandirian  belajar.  Penelitian  dilaksanakan  di  Sekolah Dasar  Negeri  Cibatok  1  dan  Cibatok  6  Kecamatan  Cibungbulang Kabupaten  Bogor,  dengan  subjek  penelitian  peserta  didik  kelas  V yang  berjumlah  72  orang.  Disain  penelitian  ini  adalah  post-test eksperimen  dan  kontrol  grup  disain.  Metode  yang  digunakan  adalah metode  quasi  experiment  (eksperimen  semu).  Kelas  eksperimen diberikan perlakuan model Projek Based Learning (PJBL), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model inkuiri terbimbing. Intrumen yang digunakan  terdiri  atas  angket  kemandirian  belajar  dan  tes kemampuan  literasi  sains.  Analisis  data  dilakukan  dengan  uji  Anava dua  jalur  dengan  factorial  2x2.  Berdasarkan  hasil  penelitian, ditemukan  bahwa:  (1)  kemampuan  literasi  sains  peserta  didik  yang belajar  dengan  model  PJBL  lebih  tinggi  dibandingkan  kemampuan literasi  sains  peserta  didik  yang  belajar  dengan  model  inkuiri terbimbing,  (2)  terdapat  interaksi  antara  kemandirian  belajar  dan model  pembelajaran  terhadap  kemampuan  literasi  sains,  (3) kemampuan  literasi  sains  peserta  didik  yang  diberi  perlakuan  model PJBL  lebih  tinggi  dibandingkan  dengan  peserta  didik  yang  diberi perlakuan model inkuiri terbimbing pada kelompok peserta didik yang memiliki  kemandirian  belajar  tinggi,  dan  (4)  tidak  terdapat  perbedaan kemampuan  literasi  sains  peserta  didik  yang  diberi  perlakuan  model PJBL  dengan  peserta  didik  yang  diberi  perlakuan  model  inkuiri terbimbing  pada  kelompok  peserta  didik  yang  memiliki  kemandirian belajar rendah. 

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Inkuiri Terbimbing Kemampuan Literasi Sains

Nama|Dosen:

Hana Lestari

Tgl|Publikasi:
01 Mar 2019
Status:

DOSEN | TETAP
(Dosen PGMI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, INAIS)

File Pendukung:
INAIS INSTITUT AGAMA ISLAM SAHID BOGOR | Alamat: Jl. Kapten Dasuki Bakri, Cibening, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810 Telepon: (0251) 8643922.
© 2019 INAIS | Institut Agama Islam Sahid Follow INAIS : Facebook Twitter Linked Youtube