Benchmarking LPM IAI Sahid Bogor ke BPMPP USAHID Jakarta

Proses Pembelajaran tentang Tata Kelola dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang Baik dan Terarah

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam (IAI) Sahid Bogor melakukan benchmarking ke Badan Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (BPMPP) Universitas Sahid (USAHID) Jakarta sebagai upaya meningkatkan wawasan di bidang penjaminan mutu akademik. Kegiatan benchmarking ini berlangsung pada hari Jum’at, 6 Oktober 2023 di ruang rapat lantai 2 USAHID Jakarta. Tim LPM IAI Sahid Bogor dipimpin oleh Ka LPM, Dr. Ima Rahmawati, M. Pd., didampingi oleh Rektor, Staf LPM, Gugus Pengendali Mutu (GPM) Fakultas dan Gugus Kendali Mutu (GKM) Program Studi di lingkup IAI Sahid Bogor. Tim LPM IAI Sahid disambut oleh Rektor USAHID Dr. Dra. Marlinda Irwanti Poernomo, SE., M.Si., Wakil Rektor I, Dr. Ninin Gusdini, ST, MT., Wakil Rektor II, Dr. Dra. T. Titi Widaningsih, M.Si., beserta Kepala BPMPP USAHID Jakarta Dr. Ir. Iman Basriman, M.Si., dan tim.

Pada sesi pertemuan yang berlangsung antara delegasi LPM IAI Sahid Bogor dan BPMPP USAHID Jakarta diadakan diskusi secara intensif mengenai pengelolaan SPMI yang sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan menggunakan prinsip PPEPP di berbagai level atau jenjang. Dalam hal ini, tim IAI Sahid Bogor mendapatkan pengetahuan dan strategi terkait mekanisme pelaksanaan SPMI yang baik dan terarah di USAHID Jakarta, dimana kampus tersebut telah berhasil melaksanakan tata kelola penjaminan mutu dengan kualitas yang sangat baik.

Pada kesempatan itu juga, Kepala BPMPP, Dr. Ir. Iman Basriman, M.Si., menyampaikan bahwa pengelolaan mutu yang baik adalah dengan melaksanakan fungsi manajemen yang baik pula. Salah satunya terkait pengorganisasian pada struktur organisasi yang efektif dan efisien. Kunci dari tata kelola yang baik adalah dengan meramu struktur organisasi yang terarah dan sistematis pada tiap-tiap level atau jenjang, dengan didukung SDM yang kompeten di bidangnya serta penyediaan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam pelaksanaan PPEPP. Adapun struktur organisasi pada BPMPP USAHID Jakarta terdiri atas Kepala BPMPP, Kepala Bidang Penjaminan Mutu, Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan dan Staf Administrasi. BPMPP USAHID diperkuat juga oleh divisi-divisi lain sehingga mendukung tata kelola dalam pelaksanaan SPMI yang baik.

Selain kegiatan benchmarking, IAI Sahid Bogor melakukan penandatangan kerjasama dengan USAHID Jakarta pada bidang penjaminan mutu yang meliputi pengembangan standar mutu, audit mutu internal, dan pendampingan akreditasi. Selanjutnya kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

Dengan adanya kegiatan benchmarking ini, diharapkan dapat tercipta inovasi-inovasi baru dalam peningkatan mutu akademik serta menumbuhkan komitmen kuat untuk selalu meningkatkan kualitas penjaminan mutu hingga mampu memberikan manfaat positif bagi civitas akademik IAI Sahid Bogor.

Penandatanganan kerjasama pada bidang penjaminan mutu yang meliputi pengembangan standar mutu, audit mutu internal, dan pendampingan akreditasi antara IAI Sahid Bogor dengan USAHID Jakarta

(Jum’at, 6 Okt 2023)