DUA MAHASISWA FEBI RAIH JUARA 1 INFOGRAPHIC POSTER COMPETITION TINGKAT NASIONAL

BOGOR, INSTITUT AGAMA ISLAM SAHID – Dua mahasiswi Institut Agama Islam Sahid (INAIS) berhasil meraih juara 1 pada ajang Present 2024 × Milad FOSSEI Cabang Lomba Infographic Poster tingkat nasional di Institut Agama Islam Tazkia pada 11-12 Mei 2024. Pencapaian tersebut diraih oleh dua mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) INAIS, yaitu Embun Mulyati dari program studi Manajeman Bisnis Syariah semester 6, dan Annisa Aprilia dari program studi Perbankan Syariah semester 6.

Motivasi kedua mahasiswi FEBI ini ialah untuk mengharumkan nama INAIS di tingkat nasional, mencobal hal yang baru, menambah wawasan mereka agar lebih luas, serta menambah pengalaman dan relasi. Embun dan Annisa menceritakan pengalaman lombanya dimulai dari pendaftaran secara online, pembuatan karya bersama-sama untuk dikumpulkan dan diseleksi secara online.

“Kesulitan yang kita alami yaitu menyelesaikan desain yang hampir deadline batas pengumpulan karya dan membuat surat keterangan orisinil karena itu posisinya setelah 2 hari lebaran jadi susah cari warnet yang buka untuk print surat. Mengatasi kesulitan itu kuncinya dengan kerjasama dan tetap tenang mengerjakan desain serta komunikasi bernegosiasi kepada panitia untuk memberi keringanan,”  ungkap Embun.

Setelah melewati tahap penilaian desain poster oleh dewan juri, selanjutnya diumumkan finalis 10 besar yang lolos ke tahap final. Adapun beberapa universitas yang lolos ke tahap final, yaitu Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, Telkom University Surabaya, UIN Salatiga, UIN Sunan Kalijaga, Poloteknik Asrta, Institut Agama Islam Tazkia dan Institut Agama Islam Sahid.

Mengetauhi lolos ke babak final, Embun dan Annisa melakukan persiapan untuk persentasi terkait desain yang mereka buat dan mempersiapkan keberangkatan ke Institut Agama Islam Tazkia untuk berjuang di tahap final pada 11 Mei 2024. Hingga akhirnya di puncak acara 12 Mei, Grand Closing dan Awarding diumumkan juaranya dan mendapat juara 1 Infographic Poster Competition.

Keberhasilan kedua mahasiswi tersebut berakar dari kerjasama antara keduanya dan komunikasi baik yang dilakukan, juga tidak terlepas dari dukungan kampus melalaui BEM fakultas FEBI serta pihak lainnya yang telah memberikan dukungan, motivasi dan do’a untuk memperoleh kelancaran dalam mengikuti lomba.

Embun dan Annisa turut memberikan motivasi kepada mahasiswa umum INAIS lainnya agar tetap berjuang dan menggali lebih dalam potensi serta pengalaman sebagai mahasiswa. “Janga takut untuk mencoba, di tingkat mahasiswa ini kan banyak info perlombaan terus aja mencoba. Kalau kata dekan kita tuh, jangan dulu minder yakin aja dulu dengan kemampuan kita, kalua hasilnya biar Allah yang ngatur, yang pentin kita udah berusaha,” ucap Embun. “Kita kan sama-sama mahasiswa, mau saingannya dimanapun ya gapapa, yang penting kita percaya diri dan mau mencoba. Percuma kalau misalnya kita punya potensi atau kemampuan tapi dipendem.  Lebih baik mencoba kalau gagal itu biasa, kalau menang Alhamdulillah,” kata Annisa.

Kontributor : Mamas Nur Hikmah, Jeni Melinda, Rohbiatul Cahya dan M Sefrilian Marasabessy
Afiliasi : Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam