FEBI INAIS Selenggarakan Pelatihan Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah Bagi Calon Lulusannya

Pelatihan Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan BIsnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor atau biasa disingkat dengan FEBI INAIS, beberapa waktu lalu (24/11/2020) mengadakan acara Pelatihan Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah yang diikuti oleh lulusan dan calon lulusan FEBI INAIS yang melibatkan dua program studinya yaitu Program Studi Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah. Pelatihan bertempat di Gedung Bale Edi Raya, Kampus Institut Agama Islam Sahid Bogor dengan mewajibkan seluruh peserta untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat, hal ini dilakukan karena pelaksanaan berlangsung di tengah masa pandemi covid 19.

Acara pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Institut Agama Islam Sahid Bogor, Dr. H. M. Imdadun Rahmat, M.Si. dalam sambutannya, Rektor INAIS menyambut baik serta mendukung acara pelatihan perbankan syariah dan manajemen bisnis syariah ini, menurut Dr.Imdadun, seiring perkembangan globalisasi, praktik keuangan islam juga mengglobal dan mendapatkan sambutan yang baik di berbagai benua dan wilayah, baik di Asia, Afrika, Australia, Eropa, Amerika dan Canada, Timur Tengah dan lain-lain. Sistem Ekonomi dan Keuangan Islam bukan lagi sekedar alternatif namun merupakan suatu kebutuhan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat dunia.

Pada pelatihan ini menghadirkan 3 narasumber, narasumber pertama, yaitu Dr. Abdurrahman Misno, beliau adalah Direktur Pascasarjana INAIS yang memberikan materi “Implementasi Fikih dalam transaksi Perbankan dan Bisnis Syariah”. Narasumber kedua yaitu Puguh Setiawan, S.T., beliau adalah praktisi perbankan syariah dan merupakan pimpinan cabang Bank BJB Syariah, KCP Jembatan Merah Bogor, yang mengetengahkan materi “Produk Funding dan Financing Bank BJB Syariah dalam Mendukung Pembangunan Masyarakat”. Narasumber ketiga adalah L. Ferdian Kurniawan, S.E. dan Dedeh Nur Amaliah, A.Md yang merupakan founder sekaligus owner bisnis kuliner Meaty Chili Cheese, memberikan materi tentang “Merintis Menjadi Wirausaha Mandiri”, memberikan motivasi kepada para lulusan dan calon lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam INAIS untuk tidak ragu menjadi pebisnis yang menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan ekonomi masyarakat melalui berbagai inovasi usaha.

Sesi Pemaparan Materi tentang Merintis Menjadi Wirausaha Mandiri

Menurut Ketua penyelenggara acara, yang juga Ketua Program Studi Perbankan Syariah INAIS, Tubagus Rifqy Thantawi, SH., M.Si, acara pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan bekal softskill kepada para lulusan dan calon lulusan FEBI INAIS, sehingga diharapkan para lulusan dan calon lulusan memiliki gambaran dan bekal untuk berperan aktif dalam pembangunan dan pengembangan bisnis syariah di Indonesia.

Senada dengan ketua penyelenggara, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam INAIS, H. Rully Trihantana, S.Si., M.Si mengatakan bahwa ke depan, pelatihan semacam ini dan bentuk-bentuk pelatihan lainnya akan terus diadakan untuk mendukung dan meningkatkan mutu lulusan. Acara pelatihan mendapatkan sambutan dan antusias yang luar biasa dari seluruh peserta pelatihan dan mengharapkan lebih banyak lagi pelatihan-pelatihan lainnya diadakan untuk bekal mereka terjun di masyarakat. Acara ditutup secara resmi oleh Wakil Rektor INAIS, U. Buchori Muslim, S.Ag., M.E.Sy., sekaligus pembacaan doa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *