JURNAL INSTITUT AGAMA ISLAM SAHID

JURNAL KAJIAN ISLAM MODERN

Jurnal Kajian Islam Modern Institut Agama Islam Sahid Bogor adalah jurnal penelitian yang tanggung jawab INAIS untuk selalu mengikuti dinamika ilmu  dan menyebarkan benih-benih pengetahuan, pendidikan, inovasi, teknologi, dan keagamaan yang terus berkembang. penelitian yang dilakukan oleh  dosen bisa terdokumentasikan dengan baik melalui luaran penulisan karya ilmiah  penelitian, guna pengembangan penulisan dan publisitas penulisan karya ilmiah.

Jurnal Abdimas INAIS : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu  pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai pengejawantahan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat juga merupakan tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat terutama di sekitar kampus,  sehingga turut menyumbang percepatan laju pertumbuhan demi tercapainya tujuan pembangunan nasional. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh  dosen bisa terdokumentasikan dengan baik melalui luaran penulisan karya ilmiah pengabdian masyarakat, guna pengembangan penulisan dan publisitas penulisan karya ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdimas INAIS) merupakan wadah bagi dosen dalam melakukan pengabdian masyarakat yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat INAIS.

ALAMIAH – Jurnal Muamalah dan Ekonomi Syariah

Alamia adalah Jurnal yang mengkaji Tema Muamalah dan Ekonomi Syariah secara Komprehensif dan mendalam berdasarkan referensi klasik dan Kontemporer. Kajian bidang Muamalah meliputi Studi Muamalah di masa klasik hingga Kontemporer. Demikian pula Isu dan permasalahan Ekonomi dan Bisnis Syariah dikaji mulai dari Basic Philosophy hingga implementasinya di masa sekarang. Kemashlahatan sebagai inti dari Muamalah dan Ekonomi Syariah menjadi titik sentral yang akan melihat segala aktifitas di bidang Ekonomi dan Bisnis lebih luas tidak hanya terbatas pada teks Wahyu (Al Qur’an dan As-Sunah), namun juga perkembangan Tekhnologi Komunikasi dan Informasi, Adat dan Budaya Masyarakat hingga Perubahan yang terus terjadi menjadi tema-tema yang diangkat dalam Jurnal ini.

Sahid Banking Journal

Sahid Banking Journal adalah peer-reviewed jurnal ilmiah berisi hasil penelitian ilmiah primer, kajian, ulasan ilmiah atau komentar/ kritik atas artikel yang diterbitkan di Sahid Banking Journal. Sahid Banking Journal menerima manuskrip atau artkel dalam bidang perbankan dan keuangan syariah dari akademisi, peneliti dan praktisi perbankan dan keuangan syariah baik nasional maupun internasional. Bidang keilmuan yang bisa diterbitkan di Sahid Banking Journal meliputi:

– Perbankan Syariah ,
– Pasar Keuangan dan Pembiayaan Syariah,
– Keuangan Sosial Syariah,
– Literasi Keuangan Syariah,
– Digital dan Fintech Syariah
– Bidang lainnya yang relevan dengan lingkup perbankan dan keuangan syariah.

Sahid Business Journal

Sahid Business Journal adalah peer-reviewed jurnal ilmiah berisi hasil penelitian ilmiah primer, kajian, ulasan ilmiah atau komentar/ kritik atas artikel yang diterbitkan di Sahid Business Journal. Sahid Business Journal menerima manuskrip atau artkel dalam bidang manajemen dan bisnis syariah dari akademisi, peneliti dan praktisi manajemen bisnis syariah baik nasional maupun internasional. Bidang keilmuan yang bisa diterbitkan di Sahid Business Journal meliputi:

– Manajemen Syariah ,
– Manajemen Bisnis Syariah,
– Literasi ekonomi dan Bisnis Syariah,
– Bidang lainnya yang relevan dengan lingkup manajemen dan bisnis syariah

Sahid Development Journal

Sahid Development Journal ini merupakan Jurnal yang memuat artikel-artikel yang bersifat pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan keilmuan Perbankan Syariah di bidang Pengabdian kepada Masyarakat. Artiket termaksud dapat berupa hasil kegiatan pengenalan, penyuluhan, bakti sosial, pendampingan, pelatihan, berkarya berbudaya dan bahkan pengadvokasian yang kesemuanya merupakan pengembangan keilmuan Perbankan Syariah sehingga melalui Pengabdian kepada Masyarakat, masyarakat menjadi ikut serta sebagai subyek utama dalam Perbankan Syariah.

Sahid Empowerment Journal

Sahid Empowerment Journal ini merupakan Jurnal yang memuat artikel-artikel yang bersifat pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan keilmuan Manajemen Bisnis Syariah di bidang Pengabdian kepada Masyarakat. Artikel termaksud dapat berupa hasil kegiatan pengenalan, penyuluhan, bakti sosial, pendampingan, pelatihan, berkarya berbudaya dan bahkan pengadvokasian yang kesemuanya merupakan pengembangan keilmuan Manajemen Bisnis Syariah sehingga melalui Pengabdian kepada Masyarakat, masyarakat menjadi ikut serta sebagai subyek utama dalam Manajemen Bisnis Syariah.

Primer Edukasia Journal

PRIMER EDUKASIA adalah jurnal pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor. Ini adalah jurnal setengah tahunan yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember untuk mengembangkan pendidikan Islam khususnya pendidikan dasar Islam dan memelihara tradisi ilmiah di perguruan tinggi. Redaksi menerima artikel ilmiah dan hasil-hasil penelitian sesuai dengan segmentasinya sebagai jurnal pendidikan dasar Islam, baik berupa pengembangan bahan ajar, kurikulum, disain pembelajaran, manajemen pendidikan dasar, maupun praktik pembelajaran.

JURNAL SAHID DA’WATII

Sahid Da’watii merupakan jurnal yang memuat artikel-artikel yang bersifat teoritis dan empiris ataupun kajian-kajian yang berhubungan dengan penyiaran Islam termasuk juga perkembangan teknologi informasi yang menunjang pengembangan dakwah. Kajian dalam jurnal dapat berupa laporan hasil penelitian, fenomena dan penelitian literatur seputar dakwah Islam dalam bidang pemberdayaan umat.