Rektor Institut Agama Islam Sahid Terpilih sebagai Ketua Umum Forum Pimpinan PTKIS KOPERTAIS Wilayah II Jawa Barat

Rektor Institut Agama Islam Sahid Bogor, Dr. H. M. Imdadun Rahmat, M.Si terpilih sebagai Ketua Umum Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) Wilayah II Jawa Barat. Pemilihan ini dilaksanakan dalam rangkaian agenda Rapat Koordinasi Pimpinan PTKIS yang diselenggarakan oleh Kopertais II pada tanggal 1-2 Desember 2020 di Hotel Preanger Bandung.

Forum Pimpinan PTKIS Wilayah II Jawa Barat ini merupakan forum yang baru dibentuk pada sesi terakhir agenda rapat koordinasi. Sesi yang dipimpin oleh Wakil Koordinator Kopertais bidang kelembagaan, Dr. Ujang Dedih ini menghasilkan kesepakatan secara aklamasi pembentukan forum ini. Kopertais dan para pimpinan PTKIS yang hadir bersepakat bulat untuk membentuk sarana komunikasi, koordinasi dan kerjasama antar PTKIS ini. 

Rapat Koordinasi PTKIS – Kopertais Wilayah II, Jawa Barat Tahun 2020

Menurut Wakil Koordinator Kopertais bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Sahya Anggara, forum pimpinan ini sangat dibutuhkan bagi kemajuan PTKIS di Jawa Barat. Selanjutnya, forum ini akan berfungsi sebagai sarana komunikasi antar pimpinan PTKIS di Kopertais II dan memberikan dukungan terkait pembinaan dan pelayanan administrasi perguruan tinggi di wilayah Jawa Barat. Forum ini akan menjadi jembatan antara PTKIS dengan Kopertais dan Kementerian Agama untuk program-program pemajuan PTKIS. “Saat ini adalah era kerjasama bukan kompetisi. Maka wadah komunikasi dan kerjasama antara pimpinan PTKIS sangat penting”, demikian kata Dr. Sahya Anggara.

Pemilihan dilakukan melalui 2 (dua) tahap. Pertama, dimulai dengan pengusulan formatur dari masing-masing zona. Zona barat (Kab. Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kab. Cianjur, Kab. Sukabumi), zona tengah (Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Bandung, Kab.Sumedang), zona Priangan timur (Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Garut, Kota Banjar, Kab. Ciamis, Kab. Pangandaran), zona utara timur (Kab. Indramayu, Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka), zona utara tengah (Kab. Subang, Kab. Kerawang, Kab. Purwakarta, Kab. Bekasi).

Acara kemudian dilanjutkan dengan rapat utusan formatur dari masing-masing zona untuk menentukan ketua umum dan struktur harian di bawahnya. Rapat formatur ini dipimpin oleh Wakil koordinator Kopertais bidang kelembagaan, Dr. Ujang Dedih. Rapat formatur ini menghasilkan kesepakatan aklamasi yang memilih Dr. H.M. Imdadun Rahmat (rektor INAIS) sebagai ketua umum, Dr. Enoh (UNISBA) sebagai sekertaris umum, H. Ramlan, M.Si (STAI Nida Al-Adabi) sebagai anggota dewan penasehat, Dr. Nurmawan (STAI Persis Bandung) sebagai wakil ketua dan Dr. Oman Fathurrahman (IAI BBC Cirebon) sebagai bendahara umum. Hasil rapat formatur ini kemudian dilaporkan di rapat pleno dan disetujui secara aklamasi oleh seluruh pimpinan PTKIS.

Dengan amanah ini, Institut Agama Islam Sahid dituntut untuk terus berbenah menjadi PTKIS yang unggul. INAIS juga memiliki kesempatan untuk memberikan sumbangsihnya dalam rangka pembinaan perguruan tinggi Islam secara kolektif kolegial dan saling tolong-menolong dengan PTKIS lainnya. Hal ini sesuai dengan salah satu misi INAIS yakni “Mengembangkan, menciptakan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) inovatif, unggul dan berdaya saing yang bermanfaat bagi peningkatankualitas hidup dan kehidupan sivitas akademik, alumni dan masyarakat”  dan “Mengembangkan jaringan dan kemitraan dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan dan lembaga lainnya, serta dunia usaha baik di dalam maupun luar negeri”. (AIS)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *