
SEJARAH PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI/PGSD) diseleggarakan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Sahid Bogor. PGMI diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki integritas keagamaan dan pedagogis yang memadai sebagai aalat untuk memperluas wawasan keilmuan, keislamaan dan pendidikan khususnya untuk anak atau siswa peserta didik pada jenjang pendidikan SD/MI. Selain itu para lulusan diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu pedaggis sebagai bekal untuk meningkatkan keterampilan mendidik dan mengajar, serta menguasai metodelogi penelitian sebagai sarana untuk mencipykan inovasi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.
Prodi PGMI
VISI PRODI
“Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah unggul, berakhlak mulia dan berjiwa wirausaha di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten pada Tahun 2025”
MISI PRODI
- Menyelenggarakan pendidikan PGMI berkualitas untuk menghasilkan mutu lulusan yang profesional dan berakhlak mulia.
- Melaksanakan penelitian dan pengembangan keilmuan untuk menghasilkan karya inovasi di bidang PGMI.
- Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat melalui pembinaan sumber daya manusia dan lembaga pendidikan Islam.
- Menumbuhkan jiwa kewirausahaan lembaga dan mahasiswa sesuai dengan perkembangan era globalisasi.
- Menerapkan manajemen pendidikan tinggi secara efektif dan efisien.
Dosen Pengajar Program Studi

MATA KULIAH UNGGULAN PRODI

Literasi Media

Bahasa Arab Pendidikan MI/SD

Perencanaan Pembelajaran MI/SD

Bimbingan Konseling

Micro Teaching

Administrasi Pendidikan

Media dan Teknologi Pembelajaran

Kewirausahaan Pendidikan

Metodologi Penelitian

Praktik Pengalaman Lapangan

Prospek Kerja

Guru Madrasah Ibtidaiyah
Posisi utama yang diambil oleh lulusan PGMI adalah menjadi guru di madrasah ibtidaiyah (sekolah dasar Islam). Mereka akan mengajar mata pelajaran agama Islam, bahasa Arab, dan mata pelajaran dasar lainnya.

Kepala Sekolah
Setelah memiliki pengalaman mengajar yang cukup, lulusan PGMI dapat memegang posisi sebagai kepala sekolah di madrasah ibtidaiyah, di mana mereka akan bertanggung jawab atas manajemen dan administrasi sekolah.

Pengawas Pendidikan
Lulusan PGMI juga dapat bekerja sebagai pengawas pendidikan, memantau dan mengevaluasi kualitas pengajaran di madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

Pengembang Kurikulum
Mereka bisa terlibat dalam pengembangan kurikulum dan bahan ajar untuk madrasah ibtidaiyah, berfokus pada integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan.

Pelatih dan Konsultan Pendidikan
Lulusan PGMI bisa menjadi pelatih atau konsultan, memberikan pelatihan kepada guru-guru lain atau lembaga pendidikan mengenai teknik pengajaran, manajemen kelas, dan pengembangan kurikulum.

Penyusun Buku Ajar dan Materi Pendidikan
Mereka dapat terlibat dalam penulisan buku ajar, modul, atau materi pendidikan lainnya yang digunakan di madrasah ibtidaiyah.

Kepala Program Pendidikan Islam
Lulusan dapat memimpin program-program pendidikan Islam di berbagai lembaga, seperti yayasan atau organisasi non-pemerintah yang fokus pada pendidikan agama.

Peneliti Pendidikan
Terlibat dalam penelitian mengenai metode pengajaran, kurikulum, dan aspek lain dari pendidikan Islam yang dapat berkontribusi pada pengembangan praktik pendidikan.

Administrasi Pendidikan
Bekerja di bidang administrasi pendidikan, seperti perencanaan dan manajemen program pendidikan di lembaga pendidikan Islam.

Pendidikan Keluarga dan Komunitas
Terlibat dalam program-program pendidikan berbasis komunitas yang mendidik orang tua dan anggota komunitas lainnya tentang pendidikan agama dan nilai-nilai Islam.