PUSAT STUDI HALAL 

Halal food, halal cosmetic, halal tourism dan halal life style telah menjadi kebutuhan masyarakat muslim. Kesadaran akan pentingnya konsumsi makanan halal, kosmetika halal dan produk halal lainnya semakin meningkat. Produk halal telah berkembang menjadi sektor ekonomi syariah yang penting selain jasa keuangan syariah. Tidak hanya di negera-negara muslim, produk halal juga berkembang pesat di Eropa dan Amerika.

Oleh karenanya, hal-ihwal terkait dengan pelaksanaan parameter-parameter kehalalan, bagaimana menjamin kehalalan produk, bagaimana mengembangkan infrastrukturnya, mengembangkan eko sistem bisnisnya, pemasaran dan promosinya menjadi area kajian yang semakin penting. Bagaimana produk halal bisa berkontribusi positif bagi pengembangan ekonomi rakyat (ekonomi kecil dan menengah) juga menjadi kebutuhan bagi agenda pengembangan ekonomi umat.

INAIS sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam yang memiliki kekhususan interpreneurship ingin turut berperan dalam pengembangan usaha bisnis halal di kalangan masyarakat. Itulah sebabnya INAIS mendirikan  Pusat Studi  Halal sebagai lembaga riset dan pengembangan produk halal di Indonesia.

Pusat Studi Halal bergerak dalam bidang kajian, riset, promosi dan pelatihan. Dalam jangka panjang, pusat studi ini akan mendirikan sejenis badan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM). Pusat studi ini dipimpin oleh kepala pusat (kapus) yang dibantu staf admministrasi dan program. Pusat studi ini terbuka untuk bekerjasama dengan pihak lain yang memiliki visi yang sama.