KAMPUS INAIS
SEJARAH PROGRAM STUDI
KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor mulai beroperasi pada tanggal 22 Oktober 2009, sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Kementrian Agama Nomor : DJ.I/614/2009 tentang Ijin Pendirian dan Pembukaan Program Studi. Pada awal berdirinya di tahun 2009, Strata Satu (S1) pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) Tahun 2009 Masih berstatus Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu (STAIT) Modern Sahid. Pada bulan Juni tahun 2015, STAIT Modern Sahid beralih Status menjadi Institut Agama Islam Sahid Bogor. Hingga saat ini Program Studi KPI masih menjadi satu-satunya program studi yang ada di bawah naungan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi INAIS.
VISI PRODI
Menjadi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Sebagai Progrma Studi Andalan Dalam Menghasilkan Sarjana Komunikasi Penyiaran islam Berbasis Kewirausahaan Serta Teknologi Komunikasi dan Informasi Tahun 2023
MISI PRODI
A. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran pada bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam yang berkualitas dan pembentukan sarjana musim profesional, berjiwa wirausaha dan berakhlak mulia.
B. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menyebarluaskan ilmu Komunikasi Penyiaran Islam.
C. Menyelenggarakan Pnedidikan dan Pengajaran pada bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam yang berkualitas dan pembentukan sarjana muslim profesional, berjiwa wirausaha dan berakhlak mulia.
D. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menyebarluaskan ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam, Serta memperoleh umpan balik dari masyarakat untuk kebutuhan pengembangan ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam
E. Menyelenggarakan penelitian dalam pengembangan ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam
F. Membentuk manajemen akademik yang profesional, berbidaya dan Islami
MATA KULIAH UNGGULAN PRODI
KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
Teknik Presenter & Reportase
News Casting dan Announcing
Fotografi
Media Siaran Televisi
Jurnalistik
Public Relation
Produksi Siaran Televisi
Produk Siaran Radio
Komunikasi Dakwah
Psikologi Dakwah
Psikologi Komunikasi
English For Communication
Prospek Kerja
Jurnalis dan Reporter
Menyusun berita, melaporkan kejadian, dan melakukan wawancara di berbagai platform media seperti TV, radio, dan media online.
Presenter atau Pembawa Acara
Mengoperasikan acara televisi, radio, atau podcast, serta menjadi wajah atau suara di depan publik.
Produser Konten
Merancang, mengatur, dan memproduksi konten untuk media sosial, TV, radio, atau platform digital lainnya.
Penulis Skenario
Menulis naskah untuk acara TV, film, atau program radio.
Public Relations (PR) Specialist
Mengelola citra dan komunikasi perusahaan atau individu dengan media dan publik.
Media Planner atau Buyer
Mengatur strategi periklanan dan membeli ruang iklan di berbagai media untuk klien.
Digital Content Creator
Membuat dan mengelola konten untuk platform digital seperti YouTube, Instagram, atau TikTok.
Editor
Mengedit berita, program, atau konten media lainnya untuk memastikan kualitas dan akurasi.
Manajer Media Sosial
Mengelola dan mengembangkan strategi media sosial untuk meningkatkan keterlibatan dan visibilitas online.
Konsultan Komunikasi
Memberikan saran tentang strategi komunikasi dan penyampaian pesan yang efektif.