INAIS JALANI Audit Surveillance 3 Sertifikasi ISO 9001:2015

Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor telah selesai melaksanakan kegiatan Surveillance Audit ISO 9001:2015, rangkaian kegiatan tersebut berlangsung pada hari kamis & Jumat tanggal 7-8 Maret 2024 dimulai dengan opening meeting yang di buka oleh Bapak Dr. Ir. H. Hariyadi B. Sukamdani, M.M selaku Ketua Umum YWSHK dan Drs. KH. Ahmad Sadjid Zein M.M selaku Direktur Eksekutif YWSHK serta dihadiri oleh pejabat struktural beserta staf, tim ISO serta Auditor Bapak Yuni Kharisman dan Ghesang Haeraharja dari PT SGS Indonesia.

Sebelum dilakukan Surveillance Audit, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) berkoordinasi dengan Tim Auditor Mutu Internal IAI Sahid Bogor telah menjalani rangkaian kegiatan diantaranya pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI), Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan Audit Tindak Lanjut (ATL) yang dilakukan pada Bulan Mei-September 2023.

Audit Surveillance adalah audit (pemantauan) yang wajib dilakukan oleh lembaga sertifikasi independen terhadap instansi yang telah bersertifikat ISO. Tujuan audit tersebut yaitu untuk menentukan apakah organisasi masih berhak menyandang sertifikat ISO atau tidak.

Dari audit ini bisa dibuktikan, bagaimana komitmen dan peran serta seluruh karyawan/pegawai organisasi dalam menjalankan standar ISO. Dimana pelaksanaan Surveillance Audit ISO 9001:2015 yang ke-3 ini dilaksanakan pada unit/bagian-bagian tertentu di INAIS, yang terdiri atas Fakultas Ilmu Dakwah (FIDK) dan Komunikasi pada Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Sekolah Pascasarjana pada Program Studi Magister Ekonomi Syari’ah (MES), Library INAIS, dan Management Information System (MIS)/ Pusat IT INAIS. Pelaksanaan Surveillance Audit ini selain melihat bukti dokumen implementasi proses juga dilakukan pengecekan/monitoring serta mengevaluasi efektifitas dalam relevansi penerapan di lapangan.

Setelah pelaksanaan audit dilaksanakan dari semua ruang lingkup selanjutnya penyampaian hasil audit yang dilaksanakan pada saat closing meeting oleh auditor dengan menyampaikan temuan-temuan yang perlu diperbaiki.  Audit ini diakhiri dengan closing meeting untuk menjelaskan mengenai hasil audit oleh auditor yang dilaksanakan bertempat di BFG.